Sabtu, 31 Maret 2012

Mitos dan fakta tentang kesehatan!!!

Posted by gunner-303.blogspot.com on Sabtu, 31 Maret 2012

Anda mungkin sudah penah melakukan upaya untuk menjaga tubuh anda agar tetap sehat??? Iya kan??? Pada umumnya Ada banyak mitos yang beredar disekitar kita tentang kesehatan. namuni Ada beberapa yang ternyata hanya pendapat tanpa dasar, dan mumpung saya nemu nih, saya mau berbagi juga dengan anda semua. diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Berolah raga dengan perut kosong akan membakar lebih banyak lemak
Yes…betul sekali. Tapi tunggu dulu. Jangan berharap terlalu banyak dari pendapat ini. Pada saat kita berolahraga, tubuh kita akan membakar kalori dari cadangan karbohidrat dan lemak ditubuh. Kalau anda berolahraga dengan perut kosong, kalori yang terbakar adalah kalori dari lemak. Tapi sebenarnya jumlah yang dibakar sama saja, baik ketika berolahraga dalam keadaan perut kosong atau tidak. Dan itulah yang masuk hitungan dalam program diet.
2. Makan banyak zat gula bisa menyebabkan diabetes
Walaupun tidak bisa disamakan dengan rokok yang memang bisa menjadi penyebab langsung dari terjadinya kanker paru-paru, gula memang tidak berhubungan langsung dengan penyebab timbulnya diabetes. Tapi memang, berat tubuh yang  berlebih mampu memicu tibulnya diabetes tingkat 2. Dan gula bisa menjadi penyebab dari bertambahnya berat tubuh seseorang. Sehingga membatasi asupan gula adalah sangat dianjurkan untuk bisa menjaga berat tubuh seseorang.
3. Apakah listerine bisa membantu mencegah gigitan nyamuk?
Sama sekali tidak. Walaupun banyak posting yang mengaku bahwa hal ini benar, tapi para ilmuwan tidak sependapat. Penelitian menyebutkan bahwa orang yang menyemprotkan listerine ke lengan mereka juga digigit nyamuk sama seperti mereka yang tidak mengoleskan anti nyamuk ke lengan mereka. Listerine memang mengandung eukaliptus, tapi kadarnya yang hanya sedikit hampir tidak berefek apa-apa.
4. Makanan pedas mampu meningkatkan metabolisme
Tingkat metabolisme seseorang ditentukan dari usia, tinggi badan, berat badan, jenis kelamin, faktor inilah yang menentukan bagaimana kerja metabolisme tubuh yang terus menerus terjadi meski pada saat kita tidur karena energi digunakan oleh paru-paru, hati, jantung dan organ lainnya untuk tetap bekerja. Mengkonsumsi makanan pedas tidak bisa secara signifikan membakar kalori , walaupun setelah memakan makanan pedas temperatur tubuh akan naik dan jantung akan berdetak lebih kencang, tapi dalam jangka panjang, efek ini tidak akan terlalu terasa dalam kaitannya dengan metabolisme.
5. Eyeliner cair akan mengakibatkan infeksi saluran sinus
Rumor ini muncul dengan dugaan karena eyeliner cair bisa masuk ke saluran sinus melalui mata. Terjebak disana dan mengakibatkan terjadinya infeksi. Dr richard rosenfeld ketua otolaryngology dari rumah sakit long island mengatakan bahwa air mata memang bisa membawa zat-zat yang ada di eyeliner cair menuju ke saluran air mata dan diteruskan kehidung, tapi tidak masuk ke saluran nostril. Kalau memang anda merasa mendapatkan gangguan setelah menggunakan eyeliner cair, berarti anda memang punya alergi terhadap beberapa bahan kimia.
6. Aturan 5 detik
Kalau anda menjatuhkan makanan ke lantai, sering berpikir untuk memakannya karena belum 5 detik. Fakta menunjukkan bahwa bakteri menempel pada makanan bahkan lebih cepat dari yang kita kira. Dalam sebuah studi makanan yang dilakukan oleh paul dawson dari clemson university menemukan fakta bahwa walaupun hanya beberapa detik, bakteri yang menempel pada makanan bisa jadi membahayakan. Studi tersebut melibatkan bakteri salmonela yang ditempel pada beberapa permukaan. Kemudian penguji menjatuhkan bologna dan roti ke atas permukaan tersebut dan didiamkan selama 5 detik dan 60 detik. Setelah diteliti, bakteri yang menempel pada makanan sudah cukup banyak yaitu 1800 bakteri. Dan selama semenit kemudian, jumlahnya meningkat jadi 10 kali lipat. Jadi memang tidak cukup aman untuk mengkonsumsi makanan yang sudah jatuh.

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar